Daerah

35 Kotak Suara Dibakar Saat Protes Pleno

Rapat pleno hasil rekapitulasi suara pemilihanan kepala daerah serentak  di Kecamatan Ndoso, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) berlangsung rusuh. Sedikitnya 35 kotak suara dibakar dan kantor camat setempat dirusak ratusan massa pendukung sejumlah pasangan calon bupati dan wakil bupati.

Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah NTT, Ajun Komisaris Besar Jules Abraham Abast kepada Flobamoratas .com, Sabtu (12/12/2015) malam, mengatakan kejadian itu berlangsung, Jumat (11/12/2015) malam.

Kejadian itu kata Jules, bermula ketika rapat pleno berlangsung, saksi dari tiga pasangan calon yakni paket Maxi–Asiz dan  Ferdy Pantas, paket Ferdinandus dan Yohanes Dionisius Hapan serta saksi paket Tobi Wanus–Frans Sukmaniara., Protes kepada PPK karena  dalam rapat itu hanya diberi undangan kepada dua pasangan calon yakni paket Agustinus CH. Dula dan Maria Geong Mateus Hamsi dan Paul Serak Baut.

“Saksi dari tigas pasangan calon protes karena saat penghitungan di Kecamatan hanya mengahdirkan saksi dari dua pasangan calon. Protes itu tidak dihiraukan dan PPK  tetap melanjutkan pleno, sehingga karena emosi, massa pendukung dari kubu tiga pasangan calon merusak kantor camat dan membakar sekitar 35 kota suara di luar kantor camat,”jelas Jules.

Aparat kepolisian setempat yang berjumlah satu peleton (30 orang) lanjut Jules, tak mampu membendung aksi frontal massa yang berjumlah sekitar 400 orang.

Usai merusak kantor camat dan membakar kotak suara, massa kemudian melarikan diri. Polisi akhirnya berhasil mengamankan delapan kotak suara yang belum ludes terbakar dan menangkap  28 orang pelaku perusakan.

“Polisi menangkap 28 orang tadi pagi setelah melakukan penyisiran dan saat ini mereka ditahan di markas Kepolisian Resor Manggarai Barat. Para pelaku masih diambill keterangannya terkait perusakan secara bersama-sama itu,”kata Jules.

Baca Juga :  Sinergitas TNI-Polri, Kapolda NTT Silaturahmi Ke Koramil 1612-02 Di Labuan Bajo

Untuk diketahui berdasarkan data dari Komisi Pemilihan Umum melalui data C1 perolehan suara pasangan calon di Manggarai Barat, pasangan Agustinus CH. Dula dan Maria Geong memimpin dengan 27.498 suara atau 25,19 persen, Tobias Wanus dan Fransiskus Sukmaniara 14.790 auara atau 13,55 persen.

Mateus Hamsi dan Paul Serak Baut 21.892 suara atau 20,05 persen, Gasa Maximus dan H. Abdul Asis 21.269 suara atau 19,48 persen, serta Pantas Ferdinandus dan Yohanes Dionisius Hapan 23.722 suara atau 21,73 persen.

Komentar Anda?

To Top