Daerah

Anugerah Press Card Number One Diberikan Pada Primus Dorimulu

iDelik.com – Puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2015 yang dihadiri oleh Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) di Batam, ditutup dengan penganugerahan dan penghargaan kepada insan pers di tanah air yang berprestasi.

Dari banyak kategori yang diberi penghargaan dan anugerah, Pemimpin Redaksi (Pemred) Investor Daily, Suara Pembaruan, Majalah Investor, dan Beritasatu.com, Primus Dorimulu menjadi salah satu dari 18 penerima penganugerahan Kartu Wartawan Nomor Satu (Press Card Number One).

Penganugerahan diserahkan langsung oleh Ketua Dewan Pers Bagir Manan kepada para penerima penghargaan.

Sebelumnya, Primus Dorimulu telah dua kali meraih penghargaan Adinegoro kategori penulis “Tajuk” terbaik.

Pers jangan mengipas keadaan

Dalam situasi politik yang memanas seperti sekarang ini, pers hendaknya tidak mengipas-ngipas agar keadaan tidak bertambah buruk. Sesuai fungsi, peran, dan tanggungjawabnya, pers wajib menjaga suasana sejuk agar negara dan bangsa ini tetap utuh dalam meraih kemajuan. Pers yang sehat akan mampu memberikan mata, telinga, dan mulut kepada bangsanya untuk berbuat baik.

“Dengan pengaruhnya yang besar, pers wajib ikut mempersatukan dan mempererat bangsa ini. Di saat ada pertentangan, pers harus bisa mendamaikan lewat pemberitaan yang baik. Kalau pers yang mengipas-ngipas bangsanya, kita akan pecah,” kata Jusuf Kalla.

Wapres mengatakan, HPN merupakan hari yang penting karena keberadaan bangsa ini harus dievaluasi, sekaligus melihat apa yang akan dilakukan ke depan dan apa yang sudah dilakukan lewat kacamata pers.

Wapres mengatakan pula, Indonesia tidak boleh kembali pada masa-masa pers era 80-90-an yang keberadaannya sangat dikontrol.

Sesuai UU No 40 Tahun 1999 tentang Pers, beberapa substansi yang penting di antaranya adalah, pers nasional mempunyai fungsi sebagai media informasi, pendidikan, hiburan, dan kontrol sosial.

Baca Juga :  Dukung Program Kesehatan, Kapolsek Bola Hadiri Pertemuan Guna Pembangunan Posyandu Kahat-Sikka NTT

“Pers harus menjadi mata dan telinga masyarakat, pelaku bisnis, dan semua pihak. Melalui pers pula, pemerintah mengetahui aspirasi rakyat,” ujar Wapres. (sumber Investor Daily)

Terimakasih telah memaca Primus Dorimulu Dianugerahi Press Card Number One, baca juga artikel lainnya dalam kanal ini.

Komentar Anda?

To Top