Pariwisata

Tour De Flores 2016 Dan Manfaatnya Bagi Masyarakat Flores

iDelik.comOleh Kopong Hilarius *) Akhir – akhir ini kita disuguhkan dengan beragam jenis promosi Tour de Flores di berbagai media, baik media tingkat daerah, tingkat nasional maupun tingkat internasional. Promosi itu tentu bertujuan untuk mensukseskan kegiatan balap sepeda yang bertingkat internasional ini.

Sebagai orang Flores kita tentu sangat mendukung segala kegiatan persiapan sampai pada pelaksanaan Tour de Flores. Tetapi kita juga harus bertanya apa manfaat Tour de Flores bagi masyarakat Flores?

Secara gamblang kita selalu dengar bahwa Tour de Flores akan menjadi anjang promosi Pariwisata di daerah Flores dan sekitarnya karena dengan even ini Flores akan lebih dikenal di dunia.

Tour de Flores ini akan mendorong pertumbuhan ekonomi Flores karena akan ada banyak orang, baik domestik maupun internasional akan datang ke Flores untuk menyaksikan even bertaraf internasional ini.

Selain itu diharapkan orang-orang yang datang ke Flores ini akan menjadi corong untuk lebih lanjut mempromosikan Flores kepada keluarga dan teman-temannya sehingga lebih banyak orang akan berlibur di Flores pada masa yang akan datang.

Lalu apa yang akan kita suguhkan untuk para pengunjung sehingga keberadaan mereka di Flores membawa kesan tak terlupakan?
KEINDAHAN dan keunikan alam Flores adalah salah satu hal yang akan membekas di benak para pengunjung. Namun keindahan dan keunikan alam tanpa disertai pelayanan yang baik akan sia-sia.

Kita harus bisa menjadi tuan rumah yang baik buat para peserta dan para pengunjung Tour de Flores. Sebagai tuan rumah yang baik, kita harus menyiapkan akomodasi yang bersih dan sehat. Pelayanannya harus ramah-senyum tulus disertai tutur kata yang sopan sehingga membuat tamu kita merasa nyaman selama berada di Flores.

Baca Juga :  Komodo Pictures of Bonjour Jur' Yulinaa

Hal ini tidak sulit dilakukan namun harus diperbiasakan agar menjadi biasa. Contohnya para pekerja di penginapan harus berbicara dengan sopan dan senyum tulus, menunjukan kita yang membutuhkan tamu bukan tamu yang membutuhkan tempat penginapan kita. Perlengkapan tempat tidur yang bersih, kamar mandi dan WC yang bersih dan sehat serta makanan yang bersih, segar dan sehat.

SELAIN ITU, Pemda harus membangun WC umum di tempat-tempat yang diperkirakan ramai dikunjungi supaya para pengunjung bisa menggunakan kapan saja dibutuhkan. WC umum ini harus dilengkapi dengan air dan sabun cuci tangan serta petugas untuk membersihkan WC secara rutin setiap beberapa jam sekali.

WC di tempat umum lain seperti WC di bandara, di rumah sakit, di kantor- kantor Pemerintah, di rumah makan dan lain- lain harus selalu bersih sebab kebersihan WC merupakan ukuran tingkat kebersihan hal-hal lain yang kita suguhkan kepada para pengunjung. Misalnya: Kalau WC- rumah makannya bersih orang akan percaya bahwa makanan yang disuguhkan pasti bersih.

BAGI masyarakat pengrajin, (baik pengrajin tenun ikat, dan makanan khas Flores dll), juga harus pandai memanfaatkan peluang ini dengan baik sehingga Tour de Flores dapat membawa keuntungan buat mereka juga.

Walaupun demikian harus diperhatikan agar kita tidak hanya mengejar keuntungan sesaat saja tetapi keuntungan harus juga memikirkan keuntungan jangka panjang. Untuk itu barang/jasa yang kita tawarkan adalah yang berkualitas baik dan dengan harga yang layak. Dengan demikian orang akan merasa senang karena merasa tidak ditipu oleh kita.

Jika orang yang merasa tertipu karena harga barang/jasa kita terlalu mahal, maka dia akan sangat kecewa. Kekecewaannya bukan karena uang tetapi karena merasa dirinya dibodohi. Jadi kita semua harus mendukung dengan apa yang kita miliki demi kesuksesan Tour de Flores.

Baca Juga :  Indahnya Pantai Selatan Teres di Amarasi Selatan

KESUKSESAN Tour de Flores ini bukan terletak pada terlaksananya kegiatan ini, tetapi kesuksesannya terletak pada seberapa besar manfaat jangka panjang even ini bagi masyarakat Flores khusunya dan Indonesia umumnya. Oleh karena itu Pemda dan panitia Tour de Flores harus bisa mempersiapkan masyarakat dan aparat pemerintah dalam menghadapi even ini.
Anggota masyarakat dan aparat pemerintah yang bertugas atau bekerja dalam penyelenggaraan Tour de Flores harus bisa menjadi pelayan yang baik kepada siapa pun yang menggunakan jasanya.

UNTUK mempermudah pelayanan, Pemda sebaiknya membangun pusat informasi (menyangkut Tour de Flores, informasi tentang objek wisata dll) untuk para pengunjung. Pusat informasi ini tidak hanya asal buat, tetapi perlu didesign sedemikian rupa sehingga dapat memberi rasa nyaman bagi para penggunanya.

Misalnya disamping pusat informasi ini ada Warung yang menjual minuman, baik panas maupun dingin serta makanan ringan khas daerah. Ada juga lapak yang menjual kerajinan tangan khas daerah Flores di sekitarnya. Dengan demikian mempermudah para pengunjung untuk menjangkau apa yang dibutuhkannya.

TENTU SEMUAnya ini sudah dipikirkan, bahkan sudah dilaksanakan oleh panitia Tour de Flores dan Pemda di Flores. Namun sengaja saya angkat isu ini di media sosial untuk menjadi bahan diskusi kita untuk dipahami bersama.

*) Penulis tinggal di Melbourne-Australia

Terimakasih telah memaca TOUR DE FLORES 2016 DAN MANFAATNYA BAGI MASYARAKAT FLORES, baca juga artikel lainnya dalam kanal ini.

Komentar Anda?

To Top