Tips & Kesehatan

Saat Musim Panas, Sebisanya Hindari Minuman Ini

iDelik.com – Iklim tropis Indonesia membuat sebagian daerahnya lebih banyak mengalami musim panas, hal tersebut membuat kita memerlukan lebih banyak cairan untuk melepaskan dahaga, namun ada baiknya dalam mengkonsumsi minuman di musim panas lebih memperhatikan jenis dan minumannya, karena sesuai studi kasus ada beberapa jenis minuman yang malah membuat kita menjadi lebih cepat merasa haus.

Studi menyebut ada tiga jenis minuman yang harus dihindari saat musim panas, terutama di siang nan terik. Pasalnya, ketiga minuman tersebut, bukannya menghilangkan haus, malah bisa membuat tubuh lebih dehidrasi, seperti dilansir laman Prevention di bawah ini:

Soda

Sebotol soda dingin dari dalam lemari es memang menyegarkan. Tapi, menenggak soda dingin usai berpanas-panasan tidak akan membuat tubuh terasa segar, malah Anda akan merasa semakin haus setelahnya. Alasannya karena soda justru membuat tubuh lebih banyak mengeluarkan cairan dan memicu dehidrasi.

Penelitian dari American Physiological Society menemukan mengonsumsi soda untuk menyiasati rasa haus adalah hal yang sia-sia. Tidak hanya memperparah dehidrasi, soda juga bisa merusak ginjal dibandingkan dengan mengonsumsi air putih atau cairan isotonik.

Jikapun Anda ingin meminum sesuatu yang manis di saat panas melanda, lebih baik mengonsumsi jus atau sparkling water.

Alkohol

Bir dingin memang segar diminum saat panas terik. Tapi, seperti juga soda, bir dan minuman beralkohol lainnya bersifat diuretik yang membuat tubuh lebih banyak mengeluarkan cairan melalui urin. Dengan kata lain, rasa haus tidak tertangani dan tubuh menjadi lebih dehidrasi.

Kopi dan teh

Es teh dan es kopi adalah dua jenis minuman favorit banyak orang di kala panas menyengat. Tapi, seperti juga dua minuman sebelumnya, teh dan kopi pun bersifat diuretik yang bisa memperparah dehidrasi.

Baca Juga :  Tips Mencegah Keputihan Pada Wanita

Untuk itu, sebaiknya minum beberapa gelas air putih untuk menghilangkan haus, baru setelahnya menikmati es teh dan es kopi favorit.

 

Komentar Anda?

To Top