Tips & Kesehatan

Tingkatkan Fungsi Otak Dengan Kayu Manis

iDelik.com – Masyrakat Indonesia pasti tak asing lagi dengan kayu manis, penyedap masakan yang biasa ditambahkan dalam jamuan bubur kacang atau kolak ini ternyata memiliki khasiat istimewa.

Ilmuwan mengatakan mereka telah menemukan cara paling aman dan menyenangkan untuk meningkatkan kinerja otak. Cara yang dimaksud adalah melalui konsumsi kayu manis.

Menurut para peneliti di Rush University Medical Center, kayu manis bisa meningkatkan kinerja otak dan mempertajam memori.

Melansir Fox News, studi sebelumnya menemukan bahwa orang dengan memori lambat punya kadar protein CREB yang lebih rendah. Protein di otak tersebut bertanggung jawab untuk ketajaman memori dan kemampuan belajar. Sebaliknya, mereka punya jenis protein GABRA5 yang lebih tinggi di otak besar.

“Setelah konsumsi kayu manis selama satu bulan, kami menemukan kandungan CREB yang lebih tinggi pada tikus dan jumlah GABRA5 yang lebih rendah,” kata Ketua Peneliti Kalipada Pahan.

“Hal itu terjadi karena secara kimiawi, tubuh mengubah kayu manis menjadi sodium benzoate, yang meningkatkan kesehatan sel saraf,” papar Pahan kepada Epoch Times.

Setelah terapi kayu manis, tikus pun bisa menemukan jalur labirin jauh lebih cepat, bahkan ketika pintu keluar diubah setiap kali.

Tapi, tikus yang sejak awal punya kandungan CREB lebih tinggi di otak, tidak menunjukkan perubahan signifikan dengan terapi kayu manis.

“Keberhasilan pada tikus ini, jika bisa ditranslasikan ke manusia, terutama pelajar, bisa meningkatkan performa pembelajaran,” jelas Pahan.

Jadi tak ada salahnya kita lebih sering untuk mengkonsumsi kayu manis didalam tiap masakan, apalagi untuk anak dalam masa pertumbuhan.

Komentar Anda?

Baca Juga :  Konsumsi Sayuran Hijau Bikin Hidup Lebih Ceria
To Top