Tips & Kesehatan

Tips Atasi Rambut Bercabang Dan Mudah Rontok

iDelik.com – Memiliki rambut yang panjang nan indah merupakan dambaan tiap wanita. Ibarat kata Mahkota wanita terletak di rambutnya, untuk itu soal perawatan rambut sudah pasti dinomor satukan bagi wanita yang ingin terlihat cantik.

Kebanyakan wanita menyerah karena rambut yang bercabang dan memotongnya. Rambut bercabang, rontok, ataupun kusam sangat lah mudah dilakukan, asalkan kita mempunyai kemauan. Caranya dengan mencari penyebab apa yang terjadi terhadap rambutnya.

Penyebab rambut yang sering bercabang dan rontok bervariasi bisa saja karena kekurangan vitamin dirambut, kurangnya nutrisi yang diberikan serta sebab lain seperti menggunakan pewarna rambut yang berlebihan atau menggunakan jenis shampo yang tidak sesuai dengan jenis rambut dan sering berganti-ganti merk shampo. Gesekan yang berlebihan dari sisir terhadap rambut dan mengakibatkan rontoknya rambut atau rambut patah. Sering menggunakan hair dryer yang akan membuat rambut kering dan rontok dan asupan nutrisi yang kurang.

Cara Mengatasi Rambut Bercabang Dan Mudah Rontok

Ada cara yang sangat mudah untuk mengatasi semua masalah pada rambut yang sering bercabang dan rontok. Yaitu dengan memotong rambut menjadi pendek. Memang rambut pendek bukan dambaan semua wanita karena terlihat sedikit jelek dan tidak bagus dilihat. Tapi dengan rambut pendek dapat memulai kembali rambut yang bagus dan indah.

Dan tentu saja solusi tersebut dapat dilakukan karena jika kalian ingin memiliki rambut yang panjang dan indah. Kalian harus berkorban untuk bisa memiliki rambut yang panjang dan indah tersebut. Bila kalian benar – benar merawat rambut kalian, tentunya kalian akan mendapatkan rambut yang sehat dan indah tersebut.
Berikut pada dasarnya, rambut yang bercabang dan mudah rontok lebih sering dialami oleh mereka yang mimiliki rambut yang lebat dan tebal. Mengapa? Karena rambut yang seperti itu mempunyai karakter rambut yang kurang fleksibel dan sangat sulit diatur. Dan juga karena struktur rambut seperti itu mudah rusak.

Baca Juga :  Cara Tepat Memutihkan Kulit dan Wajah Secara Alami

Sekarang saya akan memberikan beberapa tips kepada kalian bagaimana cara mengatasi rambut bercabang dan mudah rontok.

1. Pilih kondisioner atau krim yang cocok Untuk rambut Kalian

Hal pertama cara mengatasi rambut bercabang dengan memilih kondisioner yang cocok. Solusi ini cukup efecktif untuk mengatasi rambut yang mengatasi rambut yang bercabang akibat penggunaan hair dryer. Atau karena pelurusan rambut atau pengeritingan rambut menggunakan catukan rambut. Kita pun perlu menghindari bahan kimia seperti kondisioner yang dijual ditoko abal-abal. Karena kondisioner yang alami dibuat dari bahan alami juga. Seperti misalnya joboba, minyak jarak, minyak zaitun atau juga bahan menggunakan buah alpukat untuk dipakai sebagai masker rambut.

Dan berikutnya kalian juga harus waspada terhadap kondisioner abal-abal itu karena mungkin saja dibuat dari bahan kimia yang berbahaya. Hal itu  yang dapat merusak rambut indah kalian. Beli lah kondisioner yang bermerk dan terpercaya karena sudah terbukti kualitasnya oleh bahan yang alami.

2. Stim Rambut

Lalu cara mengatasi rambut bercabang kedua dengan stim rambut. Yaitu biasa kita sebut dengan keramas. Karena stim rambut ini bisa untuk mempersehat kualitas rambut kita, setidaknya setiap 8 – 12 minggu sekali jika rambut kalian panjang sekali. Ratakan ujung rambut kalian untuk menghilangkan rambut yang bercabang dan rontok.

3. Hindari Hair Dryer

Berikutnya cara mengatasi rambut bercabang dengan menghindari hair dryer. Karena panas yang ada pada hair dryer bisa membuat rambut menjadi kusan dan bercabang. Karena itu kalian harus mengurangi penggunaan hair dryer dan gunakan sekali-kali saja jangan terlalu sering. Hair dryer ini pun bisa membuat rambut menjadi kusam dan cepat rontok juga.

Tapi menurut kami lebih efektif menggunakan sisir sikat yang memiliki bantalan bola pada ujungnya. Karena sisir ini juga dapat membantu menghilangkan debu yang menempel pada rambut. Selain itu juga bisa membantu penyebaran minyak keseluruh permukaan rambut. Dan berikutnya bantalan pada sisir ini uga dapat memberikan stimulus untuk menumbuhkan rambut yang sehat dan indah.

Baca Juga :  Pola Hidup Yang Baik Dan Benar Untuk Menjaga Berat Badan Ideal

4. Keramas

Kemudian cara mengatasi rambut bercabang yang terakhir yaitu keramas. Seperti yang kalian tahu keramas itu adalah hal yang sangat penting untuk kesehatan rambut. Karena dengan keramas bisa memberikan nutrisi untuk rambut kalian. Sekarang kami akan memberikan tips keramas yang betul. Yaitu sebelum kalian keramas utamakan rambut kalian disisir terlebih dahulu. Mengapa? Agar mudah diatur dan agar tidak kusut saat di kramas. Dan gunakan sisir bergigi lebar saat rambut kalian basah. Karena jenis rambut yang lembut ini harus menggunakan sisir sikat yang sangat besar.

Selanjutnya jangan lah kalian menggosok rambut kalian menggunakan handuk mengapa karena ini akan merusak rambut kalian. Karena ini akan merontokan rambut kalian yang baru saja dibasahi air . Apabila ingin menggunakan dan menggosokan rambut kalian ke handuk. Cobalah dengan menggunakan handuk dengan bahan katun agar cepat meresap air yang ada dirambut.

Gunakanlah kondisioner yang dari bahan alami karena ini sangat diperlukan untuk kesehatan rambut. Serta hindari air hangat atau panas saat mandi, karena ini akan merusak rambut anda.

Itulah tips dari kami bagaimana cara mengatasi rambut bercabang dan mudah rontok. Sekian dari kami, semoga artikel ini bermanfaat dan bisa mendapatkan wawasan untuk anda. Semoga anda bisa lebih hati-hati juga saat membeli kondisioner dan shampo ditoko-toko.

Komentar Anda?

To Top