Tips & Kesehatan

Tips Mencegah Keputihan Pada Wanita

iDelik.com – Jika miss V anda sering gatal sampai mengeluarkan lendir berwarna putih dan berbau tidak sedap, maka berhati – hatilah mungkin saja miss V kalian sedang bermasalah. Harus kalian tahu bahwa miss V rentan terhadap penyakit. Selain itu, pola hidup yang tidak sehat, perubahan aktivitas dan stress dapat menyebabkan miss V anda mengalami Fluor Albus atau bisa disebut keputihan. Kaum hawa tentunya tidak asing lagi dengan namanya keputihan dan pasti pernah mengalaminya. Sebenarnya keputihan itu apa sih? Keputihan adalah sekresi vaginal dan permasalahan klasik yang dialami oleh kebanyakan wanita. Para wanita menganggap remeh atau bahkan tidak tahu penyebab sebenarnya dari keputihan ini. Padahal jika keputihan dibiarkan akan berakibat fatal. Misalnya kehamilan di luar kandungan atau susah untuk mendapat momongan.

Ada juga penyakit lain yang disebabkan dari keputihan ini. Keputihan juga sebagai awal dari adanya gejala kanker alat reproduksi wanita atau bisa disebut kanker serviks. Kanker ini adalah jenis penyakit yang cukup berbahaya, dan jika tidak ditangani dengan baik maka akan berujung pada kematian. Untuk itu sebagai wanita harus mengetahui info keputihan yang sering dialami serta sebagai wanita juga harus mengetahui cara mencegah keputihan. Seorang wanita yang cerdas pasti akan tahu apa yang akan dia lakukan. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan mengulas tentang info tentang keputihan dan cara mencegah keputihan. Langsung saja berikut infonya terlebih dahulu:

Keputihan ini ada dua jenis yaitu:

1. Keputihan normal

Keputihan normal ini biasanya datang disetiap bulannya. Keputihan muncul disaat masa subur atau menjelang menstruasi. Pada kondisi ini lendir akan berlebih, ini merupakan gejala yang normal. Keputihan ini biasanya tidak menimbulkan bau atau gatal pada bagian dalam maupun sekitar bibir vagina. Ibu hamil juga akan mengalami keputihan normal ini, tetapi tidak mempengaruhi janin yang didalamnya karena ada selaput ketuban yang melindungi janin.

2. Keputihan abnormal

Keputihan ini biasanya dikatakan dengan keputihan yang tidak normal atau tidak wajar. Kenapa? Karena keputihan ini termasuk keputihan jenis penyakit. Biasanya disebabkan oleh infeksi dan berpotensi mengalami gatal – gatal di dalam atau di sekitar bibir vagina. Penyebab terjadinya keputihan ini akibat adanya bakteri, jamur dan virus. Pastinya ini akan mengganggu kesehatan daerah kewanitaan. Jika terjadi infeksi, maka ini dapat menjalar dan dapat mengakibatkan peradangan di bagian saluran kencing. Bagi ibu hamil yang mengalami keputihan abnormal, ini sangatlah beresiko karena infeksi akan mengakibatkan resiko bayi akan lahir dengan berat badan tak normal atau biasa disebut prematur. Dan jika bayi juga terkena infeksi ini maka akan menyebabkan bayi terkena gangguan pernafasan, pencernaan bahkan kebutaan.

Baca Juga :  Cara Diet Ala Bunga Zainal Dan Nirina Zubir

Dari masing – masing keputihan yang sudah dijelaskan di atas juga mempunyai ciri – ciri sebagai berikut:

1. Ciri – ciri keputihan normal

  • Cairan yang keluar sedikit.
  • Cairan yang keluar tidak bau atau tidak menyebabkan gatal.
  • Cairan yang keluar tidak berwarna.
  • Cairan yang keluar agak encer.

2. Ciri – ciri keputihan abnormal

  • Cairan yang keluar banyak.
  • Cairan yang keluar menyisakan bercak.
  • Cairan yang keluar bau atau menyebabkan gatal.
  • Cairan yang keluar berwarna, biasanya berwarna kuning atau hijau.
  • Cairan yang keluar agak kental.

Nah, yang namanya sebuah penyakit pasti ada cara untuk mencegahnya, kemudian yang kita bahas kali ini adalah masalah keputihan. Jadi di dalam artikel ini akan dijelaskan beberapa cara mencegah keputihan pada wanita:

Cara Mencegah Keputihan

  • Pakailah celana yang berbahan katun

Hal pertama yang dapat kalian lakukan tentang cara mencegah keputihan yaitu sering gunakan celana yang berbahan katun. Mengapa? Karena celana yang mempunyai bahan dari katun dapat dengan mudah menyerap keringat, jika di sekitar area miss V kalian berkeringat maka akan memudahkan bakteri atau jamur cepat tumbuh dan akhirnya menyebabkan keputihan.

  • Hindari stres yang berlebihan

Menghindari diri dari stres yang berlebih dapat mencegah keputihan. Sebaiknya lakukan olahraga teratur, jaga pola makan yang seimbang dan hindari dari pikiran – pikiran yang dapat membuat kalian stres. Sibukkan diri kalian dengan aktivitas yang positif supaya tidak terlalu membebani masalah kalian.

  • Gunakan daun sirih

Daun sirih yang mengandung minyak terbang (batlephenol) dan kandungan kavinol memiliki manfaat mematikan bakteri dan jamur. Maka tak heran kalau banyak wanita sekarang beralih menggunakan daun sirih supaya area sekitar miss V tetap bersih dan terhindar dari bakteri dan jamur.

  • Usahakan jangan terlalu sering memakai celana yang terlalu ketat

Setelah memilih bahan celana yang terbuat dari katun, langkah selanjutnya yaitu pilihlah ukuran celana yang pas ketika anda gunakan. Jangan suka memilih ukuran celana yang terlalu ketat karena bisa membuat suhu di sekitar area miss V panas dan bisa menyebabkan keputihan.

  • Pakailah CD (celana dalam) dalam kondisi kering

Ingatlah! Jangan sekali – kali menggunakan celana dalam yang masih basah. Karena hanya akan memperburuk area miss V kalian dan bisa menimbulkan bakteri dan jamur cepat berkembang yang menyebabkan keputihan.

  • Jaga dan bersihkan daerah kewanitaan secara teratur

Menjaga kebersihan sekitar area miss V merupakan hal yang wajib dilakukan bagi setiap wanita seperti halnya merawat bagian badan lain. Usahakan setiap mandi untuk selalu membersihkannya dengan sabun. Jangan sesekali memakai celana dalam yang kotor dan seringlah mengganti celana dalam jika sudah terasa tidak enak dipakai.

  • Saat menstruasi seringah untuk mengganti pembalut

Jangan lupa untuk selalu mengganti pembalut ketika menstruasi. Gunakan pembalut yang tepat merupakan langkah baik supaya mampu menyerap darah saat menstruasi.

Baca Juga :  Olahraga Swiss Ball Untuk Cara Melatih Otot Perut Dengan Benar

Sebagai kaum hawa semestinya harus menjaga kebersihan di sekitar area V, jangan suka menyepelekan sesuatu yang simpel, malah jadi sesuatu yang dianggap simpel itu bisa saja akan membahayakan dirimu sendiri. Demikian artikel yang berjudul Cara Mencegah Keputihan Pada Wanita. Artikel ini dibuat supaya bisa menjadi informasi yang tepat dan bermanfaat. Terima Kasih.

Terimakasih telah membaca Cara Mencegah Keputihan Pada Wanita, baca juga artikel lainnya dalam kanal ini.

Komentar Anda?

To Top