Tips & Kesehatan

Diet Alami, Cepat dan Tepat

iDelik.com -Mempunyai bentuk tubuh proporsional memang menjadi dambaan. Tak khayal, tidak sedikit orang yang rela melakukan diet secara mati – matian sampai membahayakan dirinya sendiri hanya ingin mendapatkan bentuk tubuh yang diinginkan.

Berat badan berlebih adalah salah satu masalah kesehatan yang berdampak pada penampilan. Biasanya, orang yang mempunyai berat badan lebih kurang percaya diri dengan penampilannya di depan umum. Hal inilah yang mendorong seseorang untuk melakukan diet ketat, mungkin sudah banyak program diet yang dilakukan. Mulai dari diet mayo sampai diet COD ala Dedy Corbuzer, tetapi terkadang tidak membuahkan hasil.

Mengapa hal ini kerap terjadi? Dari beberapa penelitian menyebutkan bahwa penyebab diet gagal karena hal – hal yang sederhana seperti tidak disiplin, tidak konsisten, memandang remeh sesuatu dan tidak siap mental.

Lalu bagaimana cara mendapatkan tubuh yang proporsional secara cepat? Hal terpenting dalam proses diet cepat dan sehat  yaitu jangan lupa untuk selalu berolahraga serta mengatur pola makan. Kedua hal tersebut merupakan faktor penting untuk mendapatkan berat badan secara cepat dan sehat pastinya. Mungkin bagi kalian yang benar – benar menginginkan bentuk tubuh ideal, kalian bisa simak tips diet cepat secara alami berikut ini:

Tips Diet Cepat Secara Alami

  • Membuat Jadwal Diet

Sebelum melakukan program diet, sebaiknya hal pertama yang kalian lakukan adalah membuat jadwal diet. Mengapa harus membuat jadwal diet? Sebetulnya menyusun jadwal diet yang akan kalian kerjakan  merupakan bentuk komitmen untuk melakukan program diet yang dijalankan bisa berhasil dan tidak sia – sia. Sebetulnya bukan masalah komitmen saja , jika kalian sudah membuat jadwal diet secara terencana berarti peluang keberhasilannya pun lebih besar. Di dalam jadwal tersebut, kalian bisa menuliskan jadwal pola makan serta menu – menu apa saja yang boleh kalian konsumsi setiap harinya dengan mempertimbangkan gizi. Selain itu supaya lebih tertarget lagi, tulislah target penurunan berat badan dalam seminggu seperti yang kalian inginkan. Jangan lupa tuliskan pantangan – pantangan apa saja yang tidak boleh dilakukan selama program diet serta berkomitmenlah supaya hasil yang kalian capai dapat maksimal.

  • Perbanyak Minum Air Putih

Tips diet cepat secara alami selanjutnya yaitu perbanyak minum air putih. Biasakan sebelum dan setelah makan untuk selalu minum air putih minimal satu gelas. Jangan terlalu mengkhawatirkan tentang kabar yang mengatakan bahwa terlalu banyak minum air putih justru akan membuat semakin gemuk. Padahal dengan minum air putih setiap harinya kalian bisa mengendalikan nafsu makan serta bisa menghindarkan rasa lapar dan juga menghilangkan kebiasaan ngemil kalian. Sebaiknya hindari minuman bersoda, apalagi di dalamnya terdapat kandungan gula yang sangat tinggi.

  • Mengurangi Gula dan Karbohidrat

Mengapa kita harus mengurangi karbohidrat? Karbohidrat merupakan salah satu penyebab kalori tertimbun dan lama kelamaan akan menjadi lemak yang menyebabkan tubuh semakin gemuk. Bukan hanya karbohidrat saja, tetapi konsumsi gula yang berlebih juga akan mengakibatkan kegemukan. Oleh karena itu, untuk menjalankan tips diet cepat secara alami sebaiknya mulai dari sekarang hentikan kebiasaan ngemil makanan yang mengandung banyak gula dan mengurangi asupan karbohidrat. Lalu bagaimana kalau kita tidak bisa menghilangkan kebiasaan ngemil? Sebaiknya ganti menu untuk ngemil dengan makanan yang menyehatkan seperti buah – buahan segar. Mungkin cara ini bisa membantu mempercepat penurunan berat badan kalian saat melakukan program diet.

  • Hitung Kalori

Supaya mengetahui apakah tubuh kalian sudah ideal atau belum, alangkah lebih baiknya kalian juga harus menghitung jumlah kalori makanan yang masuk ke dalam tubuh. Cara ini merupakan langkah yang efektif untuk mengendalikan kalori kalian. Kelihatannya sih rumit dan ribet, akan tetapi dibalik hal yang rumit dan ribet itulah tersimpan sesuatu yang menakjubkan. Kalian juga bisa mencamtumkan jumlah kalori dalam jadwal diet mengenai makanan apa saja yang bergizi dan aman untuk dikonsumsi setiap hari saat melakukan program diet. Serta jangan lupa untuk selalu menghindari makanan yang banyak mengandung gula dan karbohidrat, perbanyak makanan yang sehat seperti sayur dan buah – buahan serta minum air putih setiap hari.

  • Biasakan Makan Dalam Porsi Kecil

Bagi sebagian orang yang menjalani program diet mungkin saja mempunyai kendala dalam mengatur porsi makan yang baik. Terlalu sering makan mungkin adalah kendala yang bisa menghancurkan usaha diet, akan tetapi bagi kalian yang menjalani program diet harus mengatur porsi makan dalam jumlah yang kecil atau sedikit. Usahakan untuk lebih fokus mengkonsumsi sayuran dan juga lauk pauk yang sehat ketimbang harus banyak mengkonsumsi nasi. Jangan lupa untuk mencatat jumlah porsi makan dalam jadwal diet kalian, hal ini sebagai catatan supaya selalu diingat bahwa porsi makan selama menjalani program diet seperti ini.

  • Rutin Berolahraga

Tak lengkap rasanya kalau menjalankan program diet tanpa melakukan olahraga. Dengan berolahraga secara rutin setiap hari akan mempercepat penurunan berat badan kalian. Biasakan jogging di pagi hari selama 30 menit, push up, berenang dan sit up serta kalau mau kalian juga melakukan latihan fitnes. Dijamin dalam waktu yang singkat kalian bisa dengan cepat mendapatkan bentuk tubuh yang kalian inginkan. Dengan berolahraga secara rutin setiap hari juga membuat tubuh semakin sehat dan terhindar dari penyakit.

Baca Juga :  Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata

Nah, mungkin sekian tips diet cepat secara alami yang dapat kami sampaikan. Kunci dari program diet itu bukan terletak pada jumlah porsi makan atau seberapa keras kalian berolahraga tetapi seberapa komitmen kalian untuk menjalankan program diet. Percuma saja kalau kalian tidak mempunyai komitmen dan tidak konsisten dalam menjalankan program diet. Itulah hal terpenting dalam menjalankan program diet. Semoga berhasil terima kasih.

Komentar Anda?

To Top