Tips & Kesehatan

Tips Atasi Insomnia Atau Susah Tidur

iDelik.com – Insomnia adalah sebuah kondisi dimana seseorang sulit untuk tidur atau sulit untuk mempertahankan tidur yang nyenyak dan terjadi secara berulang – ulang dalam waktu yang lama. Insomnia sendiri biasanya disebabkan oleh beberapa hal, seperti adanya penyakit yang diderita atau sebagai akibat sebuah kondisi psikis. Menurut data yang dirilis oleh US Census Bureau International Database pada tahun 2004, di Indonesia diperkirakan ada 28 juta orang yang mengalami gangguan tidur .

Seorang dokter di Indonesia bernama Dr. Nurmiati Amir, SpKJ(K) menyebut ada sekitar 10 persen penduduk Indonesia yang mengalami insomnia. Dr, Nurmiati juga berkata bahwa kebutuhan tidur orang dewasa setiap hari adalah 6 sampai 7 jam, untuk penderita insomnia biasanya hanya tidur 3 sampai 4 jam saja setiap hari.

Perlu kalian tahu bahwa gangguan susah tidur seperti ini bisa menyebabkan berbagai penyakit yang berbahaya bagi tubuh. Insomnia sendiri disebabkan oleh berbagai kondisi kompleks yang meliputi kondisi fisik dan psikis, untuk itu jika kalian mengalami insomnia sebaiknya konsultasikan kepada dokter. Apapun penyebabnya, insomnia harus segera diatasi supaya terhindar dari berbagai hal – hal yang tidak diinginkan.

Cara Mengatasi Insomnia Atau Susah Tidur

Nah, untuk itu pada kesempatan kali ini kami akan mengulas secara lengkap tentang cara mengatasi insomnia atau susah tidur bagi kalian yang mengalami gangguan seperti ini. Berikut ulasan lengkapnya.

  • Memijat Tubuh Dengan Minyak Hangat

Tahukah kalian bahwa dengan memijat tubuh dengan minyak hangat dapat mengobati insomnia. Hal ini dikemukakan oleh praktisi naturopati, bahwa memijat tubuh sebelum tidur dapat membantu anda mendapatkan tidur yang lebih lelap. Kalian bisa menggunakan minyak kelapa hangat atau minyak mustard untuk memijat tubuh. Manfaatnya adalah sirkulasi darah kalian bisa meningkat dan saraf menjadi kendur sehingga sangat membantu untuk tidur dengan nyenyak. Lalu bagaimana caranya? Gampang saja kok.

  1. Ambil sedikit minyak kelapa hangat atau minyak mustard.
  2. Gosokkan minyak tersebut pada leher, bahu, punggung dan bagian bawah kaki kalian.
  3. Pijat tubuh dalam gerakan melingkar selama 5 sampai 10 menit.
  4. Lakukan cara ini setiap hari sebelum tidur.
  • Minyak Lavender

Cara berikut yang juga ampuh mengatasi insomnia yaitu dengan menggunakan aroma minyak lavender. Aromatik minyak lavender memiliki efek menenangkan tubuh dan membantu kalian untuk bisa tidur yang nyenyak. Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa minyak lavender juga dapat menambah waktu tidur dan membuat badan jadi terasa lebih segar saat bangun nantinya.

Baca Juga :  Cara Sehat Bagi Janin dan Ibu Hamil

Berikut cara menggunakan minyak lavender supaya bisa mengatasi insomnia:

  1. Oleskan satu atau dua tetes minyak esensial lavender pada selembar sapu tangan lalu letakkan di dekat bantal saat anda tidur.
  2. Atau bisa juga tambahkan beberapa tetes minyak lavender ke dalam bak mandi yang berisi air hangat kemudian berendamlah dalam air selama 20 menit. Lakukan setidaknya satu jam sebelum tidur.
  3. Kalian juga dapat mencampur beberapa tetes minyak lavender ke dalam satu sendok makan minyak zaitun dan mengoleskannya pada bagian bawah kaki sebelum tidur.
  • Minum Teh Chamomile 

Chamomile adalah salah satu tanaman alami yang dapat mengatasi insomnia, charmomile sendiri bekerja sebagai obat penenang ringan atau sebagai obat tidur yang dapat menjadikan kalian tidur lebih lelap di malam hari. Minumlah secangkir teh hangat charmomile satu jam sebelum tidur untuk merilekskan saraf dan otot. Cara membuatnya seperti ini:

  1. Campur 2 sampai 3 sendok teh charmomile kering dalam secangkir air panas.
  2. Diamkan selama tiga sampai lima menit.
  3. Saring dan tambahkan satu sendok teh madu, selain itu kalian juga dapat menambahkan sejumput bubuk kayu manis.
  4. Minumlah selagi hangat satu jam sebelum tidur.
  5. Lakukan hal ini setiap hari menjelang tidur.
  • Berendam Air Garam

Ternyata selain berguna untuk menambah rasa pada masakan, garam juga berguna untuk mengatasi insomnia. Seorang praktisi naturopati merekomendasikan mandi air garam satu sampai dua jam sebelum tidur untuk mendapatkan tidur yang nyenyak. Garam yang digunakan pun tidak sembarangan, sebaiknya gunakan garam epsom atau garam inggris karena di dalam garam epsom mengandung magnesium sulfat yang dapat membuat tubuh menjadi rileks dan juga menenangkan saraf. Berikut cara menggunakannya:

  1. Siapkan air hangat terlebih dahulu.
  2. Tambahkan satu setengah cangkir garam epsom ke dalam air hangat.
  3. Aduk selama beberapa menit sampai garam benar – benar larut di dalam air
  4. Mulailah berendam selama 20 menit.
  5.  Lakukan cara ini beberapa kali dalam seminggu selama satu atau dua jam sebelum tidur.
  • Susu Hangat

Dengan meminum segelas susu hangat sebelum tidur juga dapat membantu kalian terhindar dari insomnia. Susu memiliki efek relaksasi yang dapat menjadikan tidur kalian lebih nyenyak sehingga ketika bangun nanti perasaan jadi lebih tenang dan berenergi. Susu yang merupakan sumber kalsium yang baik, dengan meminum segelas susu hangat akan meningkatkan produksi melatonin. Apa itu melatonin? Melatonin adalah hormon yang dapat mengontrol tidur. Kalsium pada susu juga dapat membantu untuk meredakan stress dan membuat tubuh rileks. Cara membuatnya yaitu:

  1. Campurkan seperempat sendok teh bubuk kayu manis dan sedikit madu ke dalam segelas susu hangat.
  2. Minum setidaknya satu jam sebelum tidur.
  • Memakan Pisang

Buah pisang dapat digunakan untuk mengatasi insomnia dan gangguan tidur lainnya. Kandungan pisang yaitu tryptophan disebut – sebut dapat meningkatkan kadar hormon serotonin dalam tubuh. Apa itu serotonin? Serotonin adalah hormon yang berfungsi untuk mengatur pola tidur. Selain itu, pisang juga mengandung zat relaksan alami yaitu magnesium dan potasium  yang dapat membantu tubuh lebih rileks dan mudah tidur. Karbohidrat di dalam buah pisang juga membantu membuat orang mengantuk. Setidaknya makanlah satu atau dua buah pisang satu jam sebelum tidur setiap malam.

  • Kacang Almond

Kacang almond yang mengandung zat magnesium yang melimpah juga bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tidur kalian serta dapat mengatasi insomnia. Almond yang juga mengandung tryptophan membantu meningkatkan kadar hormon serotonin dan dapat mengatur pola tidur dengan baik. Biasakan untuk memakan kacang almond paling tidak segenggam satu jam sebelum tidur. Dengan hal ini kita bisa mengetahui cara mengatasi insomnia dengan baik.

Baca Juga :  Khasiat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan

Memang semua orang terkadang memiliki masalah terhadap pola tidur, hal ini biasa terjadi karena beberapa faktor seperti pikiran stres, perubahan lokasi tidur, sedang sakit, efek obat yang dikonsumsi dan masih banyak faktor lainnya. Nah, untuk itu kami sudah memberikan berbagai macam solusi yang tertera pada artikel berjudul cara mengatasi insomnia atau susah tidur. Semoga saja beberapa cara diatas bisa kalian praktikan supaya gangguan tidur yang diderita cepat teratasi sehingga bisa membantu produktvitas hidup kalian. Terima kasih semoga membantu.

Komentar Anda?

To Top