Tips & Kesehatan

Apakah Diet Bermanfaat Bagi Kesehatan Tubuh

iDelik.com – Kegemukan merupakan masalah pelik yang banyak dielukan, apalagi bagi seorang wanita, salah satu cara jitu yang dapat dilakukan untuk menghilakan kegemukan adalah dengan berdiet. Namu apakah berdiet baik untuk kesehatan, apalagi diet tersebut dilakukan dengan cara ketat, berikut akan dibahas manfaat diet tanpa mengidahkan kesehatan bagi pelaku diet.

Manfaat diet bagi kesehatan tubuh

Di bawah ini ada beberapa manfaat diet yang bisa anda dapatkan dilansir dari laman manfaat.co.id:

  1. Mengontrol Berat Badan

Manfaat paling utama dari diet memang untuk mengontrol berat badan kita di batas ideal. Diet untuk tujuan mengontrol berat badan bukan mengurangi karbohidrat seperti pada nasi dan lemak pada makanan, melainkan menyeimbangkan dengan kebutuhan tubuh lainnya.

  1. Menjaga Kualitas Tidur

Berdasarkan penelitian dalam jurnal online Appetite, tidur yang singkat diakibatkan karena kurangnya air putih dan asupan karbohidrat dalam tubuh. Penelitian lain menambahkan bahwa tidur yang kurang nyenyak di akibatkan oleh kurangnya vitamin C dan selenium. Program diet yang membiasakan makan sehat seperti buah dan sayur, akan turut mempengaruhi kualitas tidur menjadi lebih baik.

3. Mencerdaskan otak

Otak kita 60%-nya tersusun atas lemak. Lemak yang dimaksud adalah lemak dari manfaat omega 3 yang membantu hubungan antar sel di dalam otak semakin baik. Konektivitas antar sel yang semakin baik, maka akan semakin baik pula kemampuan berpikir seseorang dalam memecahkan masalah.

4. Mencegah Resiko Kanker

Dari berbagai hasil penelitian telah membuktikan bahwa serat mampu memperlancar BAB, sehingga berdampak baik bagi alat pencernaan. Hal itu akan mencegah adanya endapan sel kanker pada usus besar.

5. Menyehatkan Jantung

Seperti yang kita tahu, diet pasti mempengaruhi kontrol terhadap jumlah kolesterol dan lemak pada tubuh. Kita akan mengkonsumsi makanan dengan sehat, seperti diet yang menganjurkan makanan yang tinggi akan serat. Beberapa hasil penelitian, juga membenarkan bahwa asupan serat yang tinggi pada buah dan sayuran yang kita konsumsi dapat mencegah penyakit jantung.

Baca Juga :  Cara menghilangkan mata panda dalam 2 minggu

Terimakasih telah membaca Manfaat diet bagi kesehatan tubuh, baca juga Tips & Artikel Kesehatan lainnya bersama iDelik.

Komentar Anda?

To Top