Nasional

Cara Mendapatkan Pendanaan Untuk Bisnis Modal Kecil

iDelik.com

Bisnis modal kecil menjadi keinginan mereka yang ingin cepat-cepat membuka usaha atau menjadi enterpreneur. Bisnis menjadi mimpi banyak orang sekarang ini. Namun bagaimana dengan pencarian modal untuk pendanaan?

Berbagai inovasi bisnis kian ramai dan semakin gesit mencari celah dalam roda perekonomian, mulai dari bisnis rumahan, startup, hingga berbagai industri kreatif lainnya.
Sekarang ini, modal bukan lagi menjadi masalah utama dalam membangun sebuah usaha. Hal yang paling berperan adalah niat, ide, dan ketekunan untuk menjalankannya. Lalu bagaimana dengan masalah modalnya?
Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendanai sebuah usaha, terlebih jika usaha tersebut tergolong bisnis modal kecil. Berikut ini adalah beberapa cara dan sumber pendanaan yang bisa dimanfaatkan oleh Anda yang berniat membuka usaha namun memiliki keterbatasan modal.

1.    Crowdfunding

Di era digital seperti saat ini, banyak situs crowdfunding yang dimanfaatkan sebagai sumber pendaaan bisnis modal kecil. Kalau di luar negeri kita bisa menjumpai situs crowdfunding terkemuka seperti Kickstarter, Indiegogo , dan sejenisnya.

Di luar negeri, banyak bisnis yang berakhir sukses dan memeroleh dana dalam jumlah besar berkat jasa situs crowdfunding. Sebut saja jam tangan pintar Peeble ataupun konsol game Ouya. Sementara di Indonesia, situs crowdfunding cenderung banyak digunakan untuk penggalangan dana terkait pelaksanaan aktivitas kemanusiaan.

2.    Menjual aset

Solusi kedua untuk memperoleh pendanaan bisnis modal kecil adalah dengan menjual aset yang dimiliki. Saat ini, ada banyak cara untuk bisa menjual barang-barang bekas yang tidak terpakai, bisa memanfaatkan sosial media seperti Facebook dan Twitter, atau bisa pula memanfaatkan Forum Jual Beli (FJB) yang ada di Kaskus. Keuntungannya, Anda akan bisa memperoleh modal dalam waktu yang cukup singkat.

Baca Juga :  Ide Bisnis Industri Kreatif Untuk Anak Muda

3.    Mengajukan pinjaman

Solusi lain untuk bisa memperoleh modal usaha untuk bisnis adalah dengan mengajukan kredit atau pinjaman. Salah satu lembaga yang menyediakan layanan pinjaman uang untuk bisnis modal kecil adalah Pegadaian. Produk pinjaman yang bisa dimanfaatkan untuk modal usaha dari Pegadaian adalah Kredit Cepat Aman. Penjelasan lebih lengkap dan terupdate mengenai produk Pegadaian bisa Anda lihat di halaman informasi produk Pegadaian

Cara pengajuan pinjaman KAGUM dari Pegadaian ini tidak terlalu sulit. Hanya saja, kredit ini dikhususkan untuk para karyawan yang mempunyai penghasilan tetap. Jaminan yang dibutuhkan juga cukup fleksibel. Bisa menggunakan kendaraan bermotor, barang dagangan, ataupun berbagai jenis alat rumah tangga.

4.    Kartu kredit

Kartu kredit dapat pula digunakan sebagai solusi pendanaan bisnis modal kecil. Dibandingkan dengan mengajukan pinjaman ke bank, kartu kredit memang relatif lebih mudah. Cukup dengan menggesekkan kartu kredit, Anda sudah bisa berbelanja barang-barang yang dibutuhkan untuk bisnis yang akan digeluti.

Hanya saja, kartu kredit memiliki bunga yang relatif jauh lebih tinggi dibandingkan pinjaman di bank. Jadi, harus hati-hati dalam menggunakannya. Dan pastikan untuk membayar tagihan tepat waktu.

5.    Investor tunggal

Langkah terakhir untuk bisa memperoleh pendanaan dalam memulai bisnis modal kecil adalah dengan memanfaatkan kenalan. Anda bisa saja mengajak mereka untuk menjadi investor bisnis. Namun, tentu saja ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menarik investor. Investor yang diajak haruslah orang yang satu visi dan satu misi.
Jadi, kalau rencana usaha Anda sudah cukup matang, segeralah untuk merealisasikannya. Untuk masalah permodalannya, Anda bisa memilih salah satu dari lima alternatif di atas. Semoga sukses!

Ingin memulai bisnis dengan cepat? Download ebook yang membahas langkah untuk memulai bisnis sekarang juga.

Terimakasih telah memaca Cara Mendapatkan Pendanaan untuk Bisnis Modal Kecil, baca juga artikel lainnya dalam kanal ini.

Baca Juga :  P2Komodo: Komodo Still Nominated as New7Wonders of Nature

Komentar Anda?

To Top