Nasional

Kunci Sukses Bisnis Ternyata Ada Pada Kebiasaan Kecil Berikut Ini

iDelik.com

Menjadi seorang enterpreneur sukses ternyata erat kaitannya dengan kebiasaan-kebiasaan kecil yang jadi kunci sukses bisnis. Karena pada dasarnya, hal-hal besar selalu dimulai dengan hal-hal yang kecil. Termasuk ketika Anda ingin menjadi seorang pebisnis sukses, Anda harus memiliki kebiasaan-kebiasan postif kecil yang akan membentuk karakter seorang pebisnis sukses. Berikut ini adalah beberapa kunci sukses bisnis yang ada dalam diri pebisnis sukses dan patut Anda terapkan .

•    Terbiasa Membuat Planning dan Skala Prioritas

Kemenangan itu direncanakan. Apa yang menjadi target tentu harus dibarengi dengan usaha meraihnya. Kunci sukses bisnis dimulai dari sini. Rencanakan dengan baik apa yang akan Anda lakukan setiap harinya untuk mencapai apa yang sudah Anda tagetkan.
Selain merencanakan apa yang dilakukan, Anda harus memiliki skala prioritas. Dahulukan apa yang memang paling krusial untuk dikerjakan dan jangan menunda-nundanya. Dengan demikian, Anda akan lebih fokus dan efisien.

•    Bukan Mengadopsi Sikap Pebisnis Lain, Melainkan Meniru Cara Berpikirnya

Yang masih banyak keliru dipahami oleh orang yang mencoba berbisnis adalah kecenderungan untuk meniru apa yang dilakukan oleh pebisnis sukses sebelumnya. Padahal yang seharusnya dicontoh bukanlah sikap atau cara yang dilakukan oleh pebisnis lain, melainkan konsep dan cara berpikir mereka. Yang jelas, setiap pengusaha selalu menerapkan formula act, learn, build, dan repeat.

•    Melakukan Strategi Pemasaran dengan Cara yang Out of the Box dan Terkadang “Nyeleneh”

Bicara soal bisnis, kaitannya tentu dengan pasar–bagaimanana memenangkan persaingan dan menguasai pasar. Anda harus memikirkan cara yang tidak biasa dalam menentukan strategi pemasaran sehingga memiliki nilai unggul atau keunikan. Kenali dengan baik target pasar Anda dan gunakan metode yang belum pernah dilakukan pesaing Anda sebelumnya. Semakin unik, semakin mudah orang lain mengenali produk Anda.

Baca Juga :  Sebuah Tulisan Tentang Ibu Dari Sudirman Said

•    Berpikir Terbuka

Mampu bersikap dan menilai secara objektif adalah kemampuan yang tidak banyak dimiliki orang. Jika Anda perhatikan, orang-orang yang bijak adalah mereka yang mampu berpikir terbuka. Sebuah permasalahan tidak bisa diselesaikan hanya dari satu sisi saja –Anda harus mampu melihat sebuah permasalahan dari berbagai sudut pandang.
Dalam dunia bisnis, berpikir terbuka juga dapat membantu Anda dalam menemukan peluang terhadap apa yang sebetulnya dibutuhkan pasar.  Ketika Anda akan membuat sebuah produk, produk tersebut akan jauh lebih laku apabila memang menjadi kebutuhan masyarakat. Apabila Anda hanya membatasi pikiran dengan apa yang Anda ingin buat tanpa melihat apakah pasar siap (dan butuh) menerima produk Anda, sebaiknya Anda tidak terlalu optimis untuk memenangkan persaingan.

•    Apresiasi Prestasi yang Diraih

Kunci sukses bisnis ini dapat Anda terapkan setiap malam sebelum tidur. Cobalah untuk mengingat apa saja yang telah Anda raih di hari ini dan hari-hari sebelumnya, lalu dengan jujur menilai diri sendiri. Apresiasi apa yang memang telah Anda capai dan usahakan untuk semakin meningkatkan semangat dan optimisme dalam mencapai target.

•    Selalu Bersyukur

Jangan pernah lupa bersyukur untuk segala hal yang Anda alami, baik yang sesuai target maupun tidak. Selalu bersyukur akan membantu Anda untuk lebih bersifat positif dalam menjalani segala sesuatu, termasuk dalam mengelola bisnis yang Anda jalankan. Bersyukur juga akan membantu Anda untuk menahan rasa ambisi yang mungkin terlampau menggebu-gebu. Ingat bahwa optimis tidak selalu ditunjukkan dengan ambisi.
Itulah beberapa kebiasaan kecil yang menjadi kunci sukses bisnis yang bisa Anda coba terapkan. Semoga bermanfaat! Dapatkan panduan memulai bisnis dalam ebook berikut ini.

Kemilau Emas Pegadaian

Terimakasih telah memaca Kunci Sukses Bisnis Ternyata Ada Pada Kebiasaan Kecil Berikut Ini, baca juga artikel lainnya dalam kanal ini.

Baca Juga :  100 Hari Kabinet Jokowi, Menteri Susi Paling Menonjol

Komentar Anda?

To Top