Daerah

POLDA NTT LAKSANAKAN GELAR PASUKAN OPS ZEBRA TURANGGA 2016

iDelik.com

Tribratanewsntt.com – Polda NTT melaksanakan gelar pasukan operasi zebra Turangga 2016, Rabu (16/11) di lapangan Polda NTT dipimpin Waka Polda NTT, Kombes Pol Drs Sumarthono Johanan, SH MM.

Kakorlantas Polri, Irjen Pol Drs Agung Budi Maryoto, MSi dalam sambutan tertulisnya menyebutkan apel gelar pasukan dilakukan untuk mengetahui kesiapan personil dan sarana pendukung sehingga operasi zebra optimal.

Jumlah kecelakaan lalu lintas pada operasi zebra 2015 sebanyak 1.895 kejadian dengan korban meninggal dunia 365 orang orang mengalami penurunan dibandingkan operasi zebra 2014 yakni 2.270 kejadian dengan korban meninggal 454 orang.
Di tahun 2015 juga terdapat pelanggaran lalu lintas 684.973 terdiri dari tilang 550.772 lembar dan teguran 23.515 lembar.

Dalam operasi zebra 2016 ini, sejumlah pelanggaran yang menjadi sasaran yang berpotensi menyebabkan kecelakaan antara lain pelanggaran rambu-rambu lalu lintas, pelanggaran batas kecepatan dan pelanggaran melawan arus lalu lintas khusus nya sepeda motor.
Untuk itu operasi zebra 2016 diharapkan bisa meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas dijalan raya, meminimalisir pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas, meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri dengan terbentuknya opini positif dan citra tertib dalam berlalu lintas serta terwujudnya situasi Kamseltibcar lalu lintas menjelang natal dan tahun baru.

Pembukaan operasi zebra Turangga 2016 yang rencananya digelar selama 14 hari dimulai sejak Rabu (16/11) hingga 30 November 2016 mendatang ini ditandai dengan penyematan pita operasi oleh Waka Polda NTT kepada perwakilan TNI, Polri dan Dishub NTT.

Dir Lantas Polda NTT, Kombes Pol Nanang Masbudi, SIK didampingi kepala Jasa Raharja, Jahja Joel menyebutkan kalau operasi zebra merupakan operas khusus selama 14 hari dalam rangka cipta kondisi menjelang natal 2016 dan tahun baru 2017 mengedepankan fungsi penegakan hukum.

Baca Juga :  KAPOLRES SUMBA TIMUR BERI PENGHARGAAN KEPADA ANGGOTA BERPRESTASI PADA SAAT PELAKSANAAN UPACARA BENDERA BULANAN

“Tujuan nya menciptakan kamseltibcar lantas di wilayah Polda NTT menjelang natal,” ujarnya.

Operasi zebra Turangga memiliki target menurunkan angka kecelakaan lalu lintas hingga 40 persen dan menciptakan ketertiban.

“Sifat (operasi) nya hunting dan lebih simpatik. Penegakan hukum dilakukan dikawasan-kawasan yang bobot ancaman sangat tinggi maka dilakukan penegakan hukum secara stationer sambil memberikan pendidikan masyarakat bidang lalu lintas dan penerangan lantas,” tambah Dir Lantas Polda NTT.
Operasi zebra turangga yang dilakukan lebih simpatik dan penegakan hukum ini melibatkan 893 personil lalu lintas dibantu POM TNI, Dinas perhubungan, Asuransi Jasa Raharja dan Dinas Pendidikan.
Pihaknya menghimbau agar masyarakat taat berlalulintas karena angka kecelakaan lalu lintas makin tinggi dan dinamika pertumbuhan kendaraan makin naik sehingga masyarakat harus berperilaku yang berkeselamatan saat berkendaraan.

Terimakasih telah membaca POLDA NTT LAKSANAKAN GELAR PASUKAN OPS ZEBRA TURANGGA 2016, baca juga Berita Daerah lainnya bersama iDelik.

Komentar Anda?

To Top